11 Februari 2008




Toraja atau Tana Toraja adalah salah satu suku yang juga salah satu kabupaten di Tana Toraja yang cukup terkenal sebagai daerah tujuan wisata. Tana Toraja terletak di Propinsi Sulawesi Selatan. Kira kira 7 jam perjalan lewat darat dari kota Makassar. Banyak hal-hal unik yang terdapat di daerah ini yang menjadikannya layak sebagai tujuan wisata. Selain alamnya yang indah dan sejuk, Tana Toraja juga memiliki budaya yang sangat unik.


Yang sangat terkenal adalah pesta orang mati, di mana seorang dipestakan karena meninggal dengan memotong sejumlah kerbau atau babi. Hal ini sudah dilakukan turun temurun hingga saat ini. Walaupun sebagian anggota masyarakat tidak melakukan lagi adat tersebut dengan alasan bahwa pesta untuk orang mati hanyalah ritual agama asli (aluk to dolo).


Kerbau adalah binatang yang cukup banyak diperjualbelikan di Tana Toraja karena seringnya diadakan pesta orang mati.


Ada jenis kerbau yang sangat unik dan hanya terdapat di Tana Toraja yaitu kerbau belang. Orang Toraja menyebutnya Tedong Bonga. Tedong Bonga ini hanya terdapat di Tana Toraja dan tidak terdapat di belahan manapun di dunia ini. Walapun hal belum bisa dibuktikan secara ilmiah namun hingga sekarang memang belum pernah ada orang yang melihat Tedong Bonga selain di Tana Toraja. Tedong Bonga ini juga harganya jauh lebih mahal dari kerbau biasa.

 

blogger templates | Make Money Online